Kamis, 27 Agustus 2009

Tarawih di Medan Perang

Kemaren malam, seperti malam sebelumnya saya pergi ke Musholla yang terdekat yang bisa saya jangkau dari tempat kost saya. Masih minggu pertama Ramadhan, saya pikir masih susah untuk cari shaft, eh nggak taunya dibeberapa tempat udah bolong bolong bahkan satu sisi kebanyakan diisi dengan anak anak. Tumben, saya kebagian tempat di shaft pertama, biasanya kalo nggak ditengah, saya kedapetan duduk dibelakang ditemenin sandal sandal jepit.
Wuih..mushollanya rame banget cin...rame ama anak anak, berasa di pasar ikan yg bersebelahan sama pasar inpres , alhasil bukannya beribadah dengan khusyuk malah jadi nggak konsen dan kesel. Ada yang kejar kejaran, nangis disodok temannya, kalo yang cewek pada keasikan ngegossip, bahkan ada beberapa anak yang ber-smack down ria.
Sesekali ada sih orang tua yang menyuruh anak anak setan ini untuk diam, tapi awetnya cuma beberapa menit saja, setelah yang nyuruhnya pergi, eh dengan riangnya mereka kembali melakukan aktivitasnya seperti semula.
Saya aja gemeeees lihat anak anak itu, gemes sama orang tua mereka yang nggak peduli dan mengajarkan mereka untuk sopan dan duduk tenang di rumah Tuhan. Jama'ah yang lain sepertinya juga tidak ambil pusing.Tiba tiba saya teringat dengan suasana Sholat tarawih di kota Batusangkar, rumah saya, di sumatera barat, Sholat Tarawih dikerjakan dengan khusyuk sekali, yang datang berjubel tapi rapi, shaft-nya rapaaat banget, sampe mau gerakan duduk di dua rakaat, ato duduk terakhir sholat , bokong yang kena lantai cuma seperempat bagian aja. Suasana tenang, ketika sholat dan ceramah, ada sih anak-anak tapi mereka udah dijagain dan dipesenin sama ortu masing supaya nggak ribut, untungnya si anak pada nurut. Kalo ada anak anak yang ribut ato berlarian di ruang mesjid, bakal ada yg teriakin dia atau marahin, bisa jadi oleh panitia ato orang tua yang lain, bikin si anak langsung jeper deh.
Akhirnya waktu untuk sholat tarawihpun tiba. Saya berniat untuk cabut saja tapi saya pikir udah nanggung toh tarawihnya nggak banyak banyak amat cuma 8 rakaat , dan 3 rakaat witirsaja. Tapi yo olloh tolong, ributnya makin menjadi-jadi. Bahkan saya lihat sekarang sudah terbentuk dua kubu, kubu cewek dan kubu cowok. Dengan semangatnya perang lempar lemparan kertas, beberapa kali saya terkena lemparan mereka. Saya marah dong , ibadah saya jadi sangat terganggu, saya himbau mereka dengan galak untuk berhenti. Beberapa pasukan cewek merasa rada bersalah sama saya, dan berhenti. Tenang.
Saya melanjutkan sholat lagi, dan perang pun berlanjut.... bahkan ada anak yang dengan santainya mungutin bola bola kertas yang ada di atas sajadah saya, bukannya untuk dibuang tapi untuk persediaan amunisi mereka. UUGHHH.............sakiiit hati ini !!... pengen saya cubitin tuh anak puser nya satu satu biar tahu rasa!!
Malam itu saya nggak liat dua orang bule yang saya lihat malam sebelumnya , untung , coba kalo bule bule itu hadir pasti bakal shock berat deh mereka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar